About me

Foto saya
Jakarta, Indonesia
19JHS. 9f. twitter: @annisey facebook:annisa sabila e-mail:annise-y@live.com

Senin, 08 November 2010

Tembok Besar Cina



Geliat Naga 10.000 Li
Rakyat Cina menjulukinya dinding 10.000 Li. Tak hanya menggambarkan panjangnya, tapi juga lama pembangunannya. Berawal dari tembok pertahanan yang dibangun negara Chu di tahun 656 SM, hingga zaman pemerintahan Dinasti Ming, kurang lebih 2.700 tahun kemudian.


Di masa Dinasti Ming, Tembok Besar Cina membentang sepanjang 6.350 km. Mulai dari Shanhaiguan di sebelah timur, melewati perbatasan Cina dan Manchuria hingga Lop Nur, di sebelah tenggara daerah otonomi Xinjiang uygur. Bagai seekor naga yang tengah menggeliat, menghadang musuh-musuh cina.


Peralihan Wujud "Sang Naga"
Sebelum Cina bersatu, tembok besar hanyalah deretan dinding pertahanan negara-negara militer penguasa daratan Cina di lembah Sungai Yangtze, lembah Sungai Kuning dan wilayah utara perbatasan. Ketika Kaisar Qin Shihuang berkuasa, sebagian diruntuhkan dan sebagian lagi menjelma menjadi Tembok Besar Cina - tembok kokoh sepanjang 2.414 km. Di zaman Dinasti Ming, rancang bangunannya di sempurnakan menjadi tembok sepanjang 6.350 km. Sampai saat ini sisa sisa sosok "Sang Naga" masih bisa dilihat. Tembok Besar Cina didirikan oleh 300.000 orang yang dikerahkan oleh Qin Shihuang (221 SM-207 SM) secara paksa. Tembok Besar Cina tidak hanya dikerjakan oleh budak dan orang-orang hukuman saja, tetapi juga dikerjakan oleh penduduk biasa, karena terpaksa. 


Ada pertanyaan nih buat kalian, yang jawabannya bener&paling cepet bakal gue link di blog gue(2 orang), nih pertanyaannya:
Berapakah panjang Tembok Besar Cina di zaman Kaisar Qin Shihuang? 
-jawabnya di comment-



2 komentar:

Pramita Elfianuari mengatakan...

2.414km niss

Annisa mengatakan...

okaay lu gue taro di blog link :*

Posting Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com