About me

Foto saya
Jakarta, Indonesia
19JHS. 9f. twitter: @annisey facebook:annisa sabila e-mail:annise-y@live.com

Rabu, 10 November 2010

Taj Mahal

Taj Mahal (baca / tɑ ː dʒ məhɑ ː l /;  Hindi: ताज महल, Urdu: تاج محل "mahkota bangunan", diucapkan [ta ː dʒ məɦəl]; juga "Taj"  adalah sebuah makam terletak di Agra, India. Ini adalah salah satu struktur yang paling dikenal di dunia. Dibangun oleh kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istri ketiganya, Mumtaz Mahal. Hal ini secara luas dianggap sebagai salah satu bangunan paling indah di dunia dan berdiri sebagai simbol cinta abadi.
Taj Mahal adalah contoh terbaik dari arsitektur Mughal, gaya yang menggabungkan unsur-unsur dari Persia, Islam dan gaya arsitektur India.
Pada tahun 1983, Taj Mahal menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Sementara makam marmer putih berkubah merupakan komponen yang paling akrab Taj Mahal, itu sebenarnya sebuah kompleks terintegrasi dari struktur. Konstruksi dimulai sekitar 1632 dan selesai sekitar 1653, mempekerjakan ribuan seniman dan pengrajin [5] Pembangunan Taj Mahal. dipercayakan kepada dewan arsitek di bawah pengawasan kekaisaran, termasuk Abd-ul Karim Ma'mur Khan, Makramat Khan , dan Ustad Ahmad Lahauri umumnya dianggap sebagai desainer utama..


Segera setelah selesai Taj Mahal, Shah Jahan digulingkan oleh anaknya Aurangzeb dan diletakkan di bawah tahanan rumah di Fort Agra dekatnya. Setelah kematian Shah Jahan, Aurangzeb dikuburkan di samping makam istrinya.
Pada akhir abad 19, bagian dari bangunan telah jatuh ke dalam rusak parah. Selama masa pemberontakan India 1857, Taj Mahal itu dirusak oleh tentara Inggris dan pejabat pemerintah, yang dipahat dari batu mulia dan lapis lazuli dari tembok. Pada akhir abad ke-19, gubernur jenderal Inggris Lord Curzon memerintahkan proyek restorasi menyapu, yang diselesaikan pada tahun 1908. Ia juga menugaskan lampu besar di ruang interior, model setelah satu dalam masjid Kairo..


More Simple: 

•Di Kota Agra suatu ketika berdiri kerajaan Moghui yang perkasa. Di singgasananya bertahta Shah Jahan sebagai Maharaja penguasa India(1627-1658). Ia begitu berduka ketika istri yang dikasihinya, Mumtaz Mahal, menutup mata untuk selamanya. Shah Jahan mengenangnya dengan membangun Taj Mahal di tahun 1631. Begitu indahnya, hingga di satu kesempatan sastrawan besar India bernama Rabindramath Tagore menyebutkan sebagai “Air Mata di Wajah Kepedihan”. Sudah sepantasnya. Sampai saat ini Taj Mahal tetap berdiri mengisahkan kesedihan Shah Jahan setiap kali mengenang Mumtaz Mahal. Pembangunan Taj Mahal dari tahun 1631-1648 tak hanya melibatkan 20.000 pekerja, tetapi juga arsitek, seniman kaligrafi, pematung, hingga ahli mosaik. Ketika akhirnya Taj Mahal berdiri, dinding-dinding pualamnya memantulkan warna warni cahaya berbeda setiap waktunya, Taj Mahal dirancang oleh Ahmad Lahori. 



Pertanyaan
Kapankah Shah Jahan menjadi Maharaja penguasa India?(yang bisa jawab blog kalian bakal gue taro di link)
-jawab nya di comment-

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Template by YummyLolly.com